Butuh Bantuan? Customer service Kreatif Souvenir siap melayani dan membantu Anda.
Free Design dari Team Kreatif kami Khusus untuk anda yang memesan : -Mug -Pulpen -Agenda -Kalender -Powerbank -Seragam -Bantal leher -Tumbler - Flashdisk -Tas - Masker -Mug Lipat -Sedotan Reusable -Pin -Topi -Souvenir Ulangtahun -Souvenir Wedding Kreatif Souvenir memiliki beberapa admin aktif 7/24 Jam di No. Whatsapp 0813 333 93630 Silahkan konsultasikan kebutuhan merchandise souvenir custom sesuai kebutuhan dan harapan anda. Team Kreatif kami akan membantu dengan ramah dan selalu memberikan layanan terbaik
Beranda » Artikel Terbaru » 12 Jenis Sablon Manual untuk Menghasilkan Kaos Berkualitas

12 Jenis Sablon Manual untuk Menghasilkan Kaos Berkualitas

Diposting pada 10 June 2022 oleh admin | Dilihat: 72 kali

12 Jenis Sablon Manual untuk Menghasilkan Kaos Berkualitas

 

Apa itu Sablon?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya kita mengingat kembali apa itu sablon. Secara umum sablon diartikan sebagai cara mencetak gambar yang diinginkan pada suatu media seperti kain, kertas, plastik, dan sebagainya dengan menggunakan tinta khusus. Sedangkan secara spesifik, sablon dapat diartikan sebagai teknik pencetakan yang menggunakan bahan sablon berbahan dasar sutra atau nilon.

Untuk membuat hasil sablon sesuai keinginan maka sablon sutra atau nilon dibentuk pola sesuai desain atau desain yang diinginkan. Kemudian sablon yang sudah memiliki pola tersebut diletakkan di atas pakaian atau kaos yang akan di sablon. Kemudian diberi tinta agar terbentuk pola yang telah dirancang sebelumnya pada baju atau kaos tersebut.

Saat ini banyak yang memperdebatkan mana yang lebih baik antara sablon manual dan sablon digital. Berbicara tentang mana yang lebih baik tergantung pada kenyamanan dan pilihan masing-masing. Karena pada dasarnya sablon manual dan digital sangat berbeda. Di bawah ini, kami menjelaskan beberapa perbedaan umum antara sablon digital dan sablon manual.

12 Jenis Sablon Manual untuk Menghasilkan Kaos Berkualitas

Jenis Sablon Manual Berkualitas

1.     Rubber (Karet GL)

12 Jenis Sablon Manual untuk Menghasilkan Kaos Berkualitas

Mungkin banyak dari kita yang mengetahui bahwa karet manual atau karet GL merupakan jenis sablon yang paling sering digunakan. Dilirik dari namanya yaitu “karet”, kualitas sablon ini tidak perlu diragukan lagi. Sablon karet manual menggunakan bahan dasar karet yang memiliki tingkat kekenyalan dan kerapatan yang sangat tinggi. Dengan demikian, hasil cetakan dapat menutupi permukaan kain dengan sangat baik. Bahkan karet dapat diterapkan pada kain berwarna apa pun.

Pada dasarnya bahan karet sangat cocok digunakan sebagai sablon utama. Namun perlu diketahui bahwa sablon karet juga dapat digunakan sebagai underbase yaitu tinta dasar yang digunakan untuk menutupi warna kain sebelum sablon utama digunakan. Jika digunakan sebagai alas bawah, sablon karet lebih cocok diaplikasikan pada kain berwarna gelap seperti hitam, coklat, dan sebagainya.

Penggunaan karet sebagai bahan dasar sablon bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda. Pasalnya, bahan karet sangat elastis sehingga hasil sablon cenderung lebih awet dibandingkan bahan lain dan bisa disetrika. Untuk meningkatkan kualitas karet, Anda dapat menggunakan bahan tambahan seperti pelapis atau lapisan tambahan agar bahan karet dapat mengikuti kelenturan pakaian/kain dengan sempurna.

2.     Pigmen

Bagi kita semua, pigmen adalah bubuk pewarna tinta cetak yang dapat menyerap ke dalam serat kain terdalam. Jadi sablon jenis ini hanya bisa digunakan untuk kain berwarna terang seperti putih, kuning, dan sebagainya. Mengapa sablon jenis ini tidak dapat dicetak pada kain berwarna gelap? Karena karakter bahan ini akan kalah dengan warna serat kaos terutama yang berwarna gelap. Pada akhirnya, tinta pigmen tidak akan muncul di permukaan kain.

12 Jenis Sablon Manual untuk Menghasilkan Kaos Berkualitas

Bahan pigmen memiliki karakter tipis dan menyerap. Hasil sablon pigmen akan tetap mempertahankan serat kain sehingga tidak jarang kain yang akan di sablon namun tetap memperlihatkan serat kain. Selain itu, sablon pigmen menghasilkan warna yang lebih merata dan solid dibandingkan tinta lainnya. Bagi anda yang tertarik dengan sablon pigmen, harap diperhatikan bahwa sablon dengan bahan pigmen sangat cocok untuk kaos lebar dan besar karena sablon pigmen hanya menggunakan sedikit tinta.

3.     Super White

Secara garis besar sablon super putih hampir mendekati sablon pigmen. Dengan karakter yang sama yaitu mampu menembus serat kain. Namun perbedaan dari keduanya adalah sablon super white lebih transparan dibandingkan sablon pigmen dan juga dapat diaplikasikan pada kain/t-shirt berwarna gelap.

 

Sablon super white memiliki 2 jenis tinta yaitu putih (white) dan warna (color). Dengan 2 jenis tinta tersebut, sablon super white memiliki ciri khas yang unik yaitu warna tinta sablon yang dihasilkan cenderung hilang warna atau pudar. Dengan demikian, sablon super putih sangat cocok untuk kualitas desain vintage atau yang sering dikenal dengan nuansa jadul. Selain itu, Anda juga dapat membuat bahan tinta super putih yang disesuaikan seperti tinta sablon manual tipe discharge dengan campuran bahan lainnya.

4.     Plastisol

Sablon plastisol adalah jenis sablon manual dengan tinta minyak atau berbahan dasar minyak PVC. Jenis sablon ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan jenis sablon manual lainnya yaitu dapat mencetak titik/i dengan ukuran yang sangat kecil namun hasilnya tetap optimal.

12 Jenis Sablon Manual untuk Menghasilkan Kaos Berkualitas

Namun karena kualitasnya yang sangat bagus, Anda membutuhkan biaya tambahan untuk peralatan tersebut. Pasalnya, hasil sablon plastisol tidak bisa kering pada suhu di bawah 160 derajat Celcius. Untuk mengeringkan hasil sablon plastisol setidaknya membutuhkan peralatan tambahan seperti conveyor curing, flash curing, bahkan sinar infra merah atau yang disebut dengan hot gun.

5.     Glow in the Dark

Pada awal penemuannya, jenis dan jenis sablon glow in the dark (GD) sangat populer di kelasnya. Salah satu kelebihan sablon GD adalah hasil sablon ini bisa menyala di tempat gelap. Mengapa begitu? Karena sablon GD menggunakan tinta yang mengandung fosfor yaitu bahan yang dapat menyerap cahaya kemudian memancarkannya kembali. Dengan demikian, hasil sablon GD akan tetap menyala meskipun ada sedikit cahaya di sekitarnya.

12 Jenis Sablon Manual untuk Menghasilkan Kaos Berkualitas

Saat ini tinta GD yang ada di pasaran hanya tersedia dalam 2 jenis yaitu green glowing (lampu hijau) dan orange glowing (orange light). Namun, agar dapat menghasilkan hasil yang sempurna, Anda dapat menggabungkan tinta GD dengan tinta lain seperti tinta karakter mediasi seperti tinta pigmen sebagai extender dan tinta rubber atau plastisol sebagai underbase.

6.     Discharge

Karakter sablon debit adalah mengganti warna dasar kain/pakaian. Mengapa demikian? Karena tinta discharge akan merubah warna dasar kain menjadi tinta sablon discharge. Prinsipnya begini, misalnya jika ingin sablon baju hitam dengan tinta keluarnya warna putih, maka baju yang sudah sablon akan berubah warna menjadi putih.

Kemampuan sablon discharge mengubah warna pakaian secara langsung karena tinta discharge merupakan campuran tinta super putih dengan bahan khusus seperti bedak atau bahan pengikat khusus. Pengikat khusus ini telah diformulasikan untuk menonaktifkan pewarna pada kain. Yang paling menarik, hasil sablon debit akan membuat warna sablon seperti warna kain natural dan lembut seperti kain aslinya.

 

Dibalik kelebihannya, sablon discharge memiliki kekurangan yaitu hanya dapat diaplikasikan pada kain katun murni yang reaktif dan berwarna seperti hitam dan biru tua. Sementara kain lainnya tidak bisa berfungsi secara maksimal. Tinta pengosongan juga sangat tidak cocok untuk kain sintetis yang banyak mengandung poliester.

Selain itu, ada juga beberapa kain yang sangat sulit diwarnai dengan menggunakan tinta discharge, yaitu kain berwarna hijau, biru, dan ungu. Sementara itu, selain ketiga warna tersebut, semua kain reaktif yang tergolong kaos berwarna gelap dapat disablon menggunakan sablon discharge.

7.     Flocking

Sablon berkelompok sering disebut dengan sablon beludru atau emboss. Sablon berkelompok manual ini merupakan teknik sablon yang dapat menghasilkan efek beludru seperti bahan sintetis yang memiliki serat seperti kulit. Selain itu, efek velvet yang dihasilkan sablon berkelompok memiliki efek timbul yang ketebalannya bisa mencapai 20 milimeter. Sablon dengan teknik ini memiliki perbedaan dengan jenis sablon manual lainnya.

Saat ini sablon berkelompok hanya dapat digunakan pada 1 warna dengan tulisan sederhana. Teknik untuk sablon berkelompok sedikit berbeda yaitu Anda akan menambahkan kertas atau semacam bedak berdasarkan lem berkelompok dengan meninggalkan beberapa bubuk hingga membentuk desain yang diinginkan. Anda juga membutuhkan mesin heat press untuk menyelesaikan proses produksi sablon berkelompok ini.

8.     Bengkak / Berbusa

Puffy/foaming adalah jenis sablon manual yang sering disebut dengan puff print. Jenis sablon manual ini menggunakan bahan karet sehingga dapat menghasilkan efek timbul. Untuk memaksimalkan efek timbul, Anda memerlukan mesin pemanas khusus. Selain itu, sablon bengkak kini tersedia dalam dua jenis cairan, yaitu cair dan minyak. Berdasarkan hal tersebut, sablon puffy sangat cocok dipadukan dengan sablon karet atau plastisol untuk menghasilkan hasil yang unik dan menarik.

 

Meski sangat menarik, sablon puffy memiliki kekurangan yang fatal bagi Anda yang menginginkan daya tahan tinggi. Pasalnya, sablon manual jenis ini hanya bisa bertahan selama 8 hingga 10 kali pencucian. Karena itu, sablon bengkak memiliki sedikit penggemar di pasaran.

9.     Glitter

Sablon glitter adalah jenis sablon manual yang menggunakan pewarna berbahan mika. Dengan bahan tersebut, glitter sablon mampu menghasilkan efek yang unik, yaitu glitter pada lapisan atas sablon. Hasil sablon akan terlihat sangat modern dan glamor berkat elemen transparan berkilau yang dihasilkan. Selain itu, Anda juga dapat memproduksi berbagai jenis permukaan dengan jenis sablon ini, mulai dari permukaan yang halus hingga yang kasar.

10.  Foil

Sablon foil merupakan teknik yang cukup unik untuk menghasilkan sablon manual dengan kualitas terbaik. Pasalnya, jika menggunakan sablon foil dapat menghasilkan efek mengkilat dan memantulkan cahaya pada layar yang sablon karena dalam proses pembuatannya, sablon foil menggunakan lapisan yang terbuat dari kertas logam. Namun jika dibandingkan dengan sablon lainnya, sablon foil membutuhkan perawatan khusus dalam pengerjaannya.

11.  High Density

Sablon high density merupakan pengembangan dari teknik sablon plastisol. Pada sablon highdensity, sablon yang digunakan diganti dengan keramik. Hal ini bertujuan agar tinta plastisol dapat menghasilkan kesan 3 dimensi, transparan, glossy dan basah yang sangat akurat dan tajam. Ketinggian efek timbul yang dihasilkan oleh sablon highdensity bisa mencapai 30 milimeter.

12.  Reflektif

Sablon reflektif adalah kebalikan dari sablon glow in the dark. Mengapa demikian? Dalam sablon ini, Anda bisa menghasilkan efek cahaya terang saat layar terkena cahaya. Sedangkan pada sablon glow in the dark, area sablon hanya akan berwarna terang di tempat yang minim penerangan. Dengan keunikannya, sablon reflektif merupakan jenis sablon yang langka. Beberapa produsen kesulitan mendapatkan bahan baku pembuatan sablon reflektif.

 

Nah, bagaimana cara menentukan jenis sablon manual yang akan digunakan untuk proses produksi kaos? Selain itu, Anda dapat menggabungkan jenis sablon manual di atas untuk menghasilkan kualitas sablon yang unik, inovatif, kreatif, dan menarik. Anda juga masih bisa mencari beberapa jenis dan jenis sablon manual lainnya yang belum kami sebutkan di atas. Seiring waktu, banyak jenis sablon manual akan berkembang. Semoga informasi ini membantu.

Keunggulan memesan produk di Kreatif Souvenir :

  • Menerima jumlah pemesanan partai besar
  • Menerima retail pemesanan satuan cutom logo (note : produk yang tersedia)
  • Bisa dikerjakan dengan waktu yang cukup singkat yaitu sehari jadi (menyesuaikan kuantiti)
  • Gratis Mockup Design
  • Free Lihat Sample / Produk Asli tidak hanya foto
  • Terdapat Workshop resmi di jakarta (office hour 08.00 – 18.00)
  • Bisa menggunakan faltur pajak atas nama perusahaan persero (resmi dan terpercaya)
  • Free Konsultasi Design dan Semua Produk di Katalog dengan admin yang ramah

Hubungi team kreatif kami di whatsapp 081333393630,

Kunjungi juga Instagram kami @kreatif.souvenir,

Dan kunjungi akun tokopedia kami.

Bagikan informasi tentang 12 Jenis Sablon Manual untuk Menghasilkan Kaos Berkualitas kepada teman atau kerabat Anda.

12 Jenis Sablon Manual untuk Menghasilkan Kaos Berkualitas | Kreatif Souvenir

Belum ada komentar untuk 12 Jenis Sablon Manual untuk Menghasilkan Kaos Berkualitas

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

Orang lain melihat produk ini, mungkin Anda juga tertarik?

Jam Meja Custom – Tipe 1 – Cheap

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jam Meja Custom - Tipe 1 - CheapRp 120.500
Tersedia / JM1
Rp 120.500
Stok: Tersedia
Kode: JM1
Ballpoint PP 120 – Custom Cheap

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Ballpoint PP 120 - Custom CheapRp 10.000
Tersedia / PP 120
Rp 10.000
Stok: Tersedia
Kode: PP 120
Flashdisk FDWD 01 – Custom Cheap

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Flashdisk FDWD 01 - Custom Cheap*Mulai Rp 45.500
Tersedia / FDWD 1
*Mulai Rp 45.500
Stok: Tersedia
Kode: FDWD 1
Tumbler Sakura Slim – Custom Cheap

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Tumbler Sakura Slim - Custom CheapRp 46.000
Tersedia / TSS 1
Rp 46.000
Stok: Tersedia
Kode: TSS 1
SIDEBAR